MS TEAMS TINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN

Risa Marisa, S.Pd.

Guru SMA Negeri 1 Tahunan

Tahun 1999 ; Sebagai tahun Aplikasi E-learning berbasis Web. Perkembangan LMS menuju aplikasi e-learning berbasis Web berkembang secara total, baik untuk pembelajaran maupun administrasi belajar mengajarnya.

Berdasarkan  perkembangan  e-learning  dari  dari  masa  ke  masa  yang  terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi, maka dapat disimpulkan bahwa e-learning akan menjadi sistem pemblajaran masa depan. Efektifitas dan fleksibilitas akan menjadi alasan utama. (Tiyas, 2014)

E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar  yang  memungkinkan  tersampaikannya  bahan  ajar  ke  siswa  dengan menggunakan  media  Internet,  Intranet  atau  media  jaringan  Komputer  lain.

(Airtanah, 2014)

Sejak masa pandemi tahun 2021 Ms teams mulai di gunakan sebagai media pembelajaran online di SMA Negeri 1 Tahunan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa masa pandemi Covid-19 adalah situasi yang baru bagi dunia pendidikan khususnya di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. Saat itu banyak guru yang masih mencoba-coba dalam menggunakan media pembelajaran jarak jauh atau daring. Sebagai contoh beberapa media pembelajaran yang digunakan adalah WA group, Telegram Group, Google Clasroom dan lain sebagainya sampai akhirnya disepakati bersama penggunakan Ms Teams untuk seluruh pelajaran di SMA Negeri 1 Tahunan.

Microsoft Teams menyatukan seluruh kualitas dan penawaran dari Office 365. WordExcelPowerPointSharePointOneNotePlanner, Power BI, dan Delve dapat ditemukan di Microsoft Teams.

Seiring berjalannya waktu meski pandemi sudah berlalu , Ms Teams tetap digunakan sebagai media pembelajaran terlebih untuk pelaksanaan Penilaian Semester ataupun Ujian Sekolah yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tahunan.

Berbagai  kegiatan belajar mengajar secara daring atau pembelajaran online yang bisa dilakukan dengan Ms Teams diantaranya adalah : (1) Kegiatan meeting dengan siswa perkelas. (2) Share materi dalam pembelajaran jarak jauh atau daring. (3) Memberikan tugas  kepada seluruh siswa. (4) Mengadakan ulangan harian lewat form kemudian linknya dishare di postingan chanel ulangan harian maupun penilaian semester pada Microsoft Teams kelas masing-masing.(5) Dapat mengadakan ulangan susulan bagi siswa yang belum mengikuti ulangan dengan soal yang sama maupun soal yang berbeda. (6) Guru juga dapat melakukan remidi untuk siswa yang belum tuntas pada Microsoft Teams kelas masing-masing.

Langkah-langkah yang dilakukan siswa untuk masuk ke Microsoft Teams adalah: (1) Siswa masuk ke office com. (2) Siswa memilih atau klik Teams. (3) Siswa log in dengan username dan password yg diberikan dari sekolah.(4) Siswa ganti password kemudian menyimpan password baru. (5) password 8 karakter terdiri dari huruf dan angka, harus ada unsur 1 huruf kapital. (6) Siswa buka group kelas-mapel masing-masing.

Sesuai dengan keputusan SMA Negeri 1 Tahunan menggunakan Microsoft Teams sebagai sarana pemebelajaran online maka penulis menggunakan Microsoft Teams untuk media pembelajaran Bahasa Indonesia dan untuk penilaian tengah semester ataupun penilaian akhir semester untuk kelas XI IPS-1 dan kelas XI IPS-2 .

Dalam hal ini penulis akan mengambil sampel kelas XI-IPS 1 dengan jumlah siswa 35 untuk melihat hasil belajarnya. Pada hari Senin, 15 Agustus 2022 penulis mengadakan ulangan harian dengan jumlah soal 20 pada  materi Karya Ilmiah  dengan KKM 75. Dari 35 siswa yang mengikuti ulangan diperoleh hasil sebagai berikut: 23 siswa tuntas (66,67 %), 12 siswa belum tuntas (33,33 %). Penulis mengadakan PTS pada hari selasa, 20 September 2022 dengan jumlah soal 25 pada materi Karya Ilmiah, diperoleh hasil sebagai berikut: 34 siswa tuntas (97,22 %), 1 siswa belum tuntas (2,78 %).

Berdasarkan hasil belajar pada ulangan harian dan PTS dapat disimpulkan bahwa Microsoft Teams tingkatkan efektifitas pembelajaran dan Penilaian Bahasa Indonesia bagi kelas XI-IPS 1 SMA N 1 Tahunan semester 1 tahun pelajaran 2021 / 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *